jhon

Tuesday, April 3, 2012

wrokshop




WORKSHOP
 




NAMA ALAT PERAGA  :        - TRIGMASTER
                                        - JURUSAN TIGA ANGKA
                                        - PENGUBINAN
                                        - SIMETRI



DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 7 2008 A
1.    A.RIZAL PAMUNGKAS
2.    DANIEL BUDIRIANTO
3.    KAARJONO

PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE
TUBAN
2011

BAB I
PENDAHULUAN

      Matematika adalah materi abstrak. Oleh karenanya pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang memerlukan pemahaman konsep yang jelas. Dari permasalahan tersebut, perlu diciptakan alat peraga dalam suatu pembelajaran matematilka, yaitu agar siswa itu lebih jelas dan mudah dalam memahami suatu konsep materi. Dengan alat peraga, kegiatan belajar mengajar akan menjadi menyenangkan karena tidak monoton saja karena pada umumnya cara belajar yang digunakan guru adalah dengan menjelaskan materi pada siswa, guru sering mendominasi dalam pembelajaran sehingga menjadikan siswa menjadi bosan dan jenuh akhirnya siswa kesulitan dalam memahami suatu materi dalam matematika.

      Oleh karena itu, maka setiap ada materi yang memerlukan alat peraga maka senantiasa guru memanfaatkan alat peraga tersebut agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Selain itu, dengan alat peraga, siswa dapat mengerti langsung tentang konsep dari suatu materi pelajaran akhirnya siswa dapat benar-benar menguasai dalam setiap materi.

Dalam makalah ini kami menjelaskan alat peraga seperti trigmaster, yaitu bertujuan untuk menentukan nilai sinus dan kosinus suatu sudut. Sedangkan alat peraga jurusan tiga angka bertujuan untuk mengukur jarak benda-benda yan tidak dapta didekati melalui gambar berskala volume kubus. Kemudian alat peraga pengubinan, yaitu bertujuan untuk menemukan pola-pola pengubinan dan meningkatkan kreatifitas serta daya tarik siswa terhadap keindahan pola serta dapat mengembangkan daya khayal dan daya tanggap siswa terhadap komposisi bangun-bangun geometri. Dan yang terakhir adalah alat peraga simetri, yaitu memahami simetri putar dan mencari banyaknya sumbu simetri putar dari bangun datar beraturan (persegipanjang, bujursangkar, jajaran-genjang ,belah ketupat, dan segitiga).




BAB II
PEMBAHASAN

Nama Alat Peraga     : TRIGMASTER
Fungsi/ Kegunaan     : Untuk Menentukan Nilai Sinus Dan Kosinus Suatu Sudut
y
 
Petunjuk Kerja          :







Text Box: 160



Benang bandul
 



 




















Untuk menentukan nilai sinus suatu sudut:
  1. Tariklah benang ke arah sudut yang dikehendaki. Kemudian ikat benang lipat pada titik sudut.
  2. Tariklah sisi benang ke arah sumbu x (arah tegak) hingga benang L dengan sumbu x. Besarnya nilai sinus dapat diperoleh dengan membaca angka yang ditunjukkan benang pada sumbu x.
Contoh: sin = 0,86 (lihat pada gambar).
Untuk menentukan nilai kosinus suatu sudut:
  1. Tariklah benang ke arah sudut yang dikehendaki. Kemudian ikat benang tepat pada titik sudut.


  1. Tariklah sisi benang ke arah sumbu y (arah horizontal) hingga benang     dengan sumbu y. Besarnya nilai kosinus dapat diperoleh dengan membaca angka yang ditunjukkan benang pada sumbu y.
Contoh: cos = 0,5 (lihat pada gambar).


 
Nama Alat Peraga     : JURUSAN TIGA ANGKA
Fungsi/ Kegunaan     : untuk mengukur jarak benda-benda yan tidak dapta didekati melalui gambar berskala
Alat-alat Yang Digunakan:
-          Meteran gulung
-          Pipa pengintai
-          Jarum penunjuk
-          Piringan derajad

      
                                  Pipa pengintai
    

                                      














Petunjuk kerja:














B
 

C
 







 















Di B, peraga menunjuk
Di C, peraga menunjuk
a.       Andaikan A dan B adalah tempat ditepi sungaiyang saling berhadapan. A dan B harus ditandai dengan sesuatu yang tampak jelas, misal: pohon. Andaikan kita berada di B. Letakkan di B sebuah paraga jurusan tiga angkadan pastikan dengan pipa pengintai bahwa jurusan penunjuk tepat pada .
b.      Kemudian peraga tersebut dipindahkan ketempat lain (misalnya C) yang jauhnya kita tentukan sendiri (misal BC = 20 m) dengan syarat ABC .
c.       Dari C, lewat pipa pengintai, benda A diintai lagi dengan memutar pipa pengintai untuk menyesuaikan. Dalam posisis ini andaikan jarum penunjuk tepat diatas (boleh di sebelah kanan atau kiri titik , tergantung pemindahan peraga jurusan tia angka dari B ke C).
Ini berarti ACB = - =

Setelah anda mengetahui bahwa: = tg     ACB. Jadi BA = BC tg .
Dengan tabel trigonometri dapat ditemukan tg = 1,600, yang berarti BA = 20 x 1,600 = 32.
Sehingga diperoleh lebar sungai (BA) = 32 m.

Catatan:
  1. Dalam masalah ini AC tidak usah dihitung karena tidak diperlukan.
  2. Dalam masalah lainnya, mungkin perlu dihitung untuk menjembatani penyelesaian masalah selanjutnya.


 
Nama Alat Peraga     : PENGUBINAN
Fungsi/ Kegunaan : untuk menemukan pola-pola pengubinan dan meningkatkan kreatifitas serta daya tarik siswa terhadap keindahan pola serta dapat mengembangkan daya khayal dan daya tanggap siswa terhadap komposisi bangun-bangun geometri.
Petunjuk Kerja:
  1. Guru menunjukkan beberapa model ubin misal seperti bentuk dibawah ini.

  1. Dengan mengambil model ubin, uru mendemonstrasikan pengubinan yaitu dengan menunjuk seluruh permukaan atau luasan dalam bingkai (bingkai dapat dibuat dari triplek atau kertas) dengan satu macam model ubin.
  2. Guru menjelaskan arti dari pengubinan dengan menggunakan model-model ubin.
  3. Siswa diberi latihan

TUGAS
Disediakaan beberapa model ubin, misal seperti dibawah ini.

















 




                       A                                            B                                               C














 




                       D                                           E                                               F
  • Ambillah peraga model ubin a,b, dan c kemudian susunlah model-model ubin tersebut menjadi suatu pola pengubinan.
  • Ambillah peraga model ubin d,c, dan f kemudian susunlah model-model ubin tersebut hingga membentuk suatu pola pengubinan.
  • Gambar/salin dan warnailah hasil pengubinannya.
  • Amati dan perhatikanlah, apakah model-model ubin tersebut dapat ditemukan pola-pola pengubinannya?

Nama alat peraga      : SIMETRI
Fungsi                         :Untuk memahami simetri putar dan mencari banyaknya sumbu simetri putar dari bangun datar beraturan (persegipanjang, bujursangkar, jajaran-genjang ,belah ketupat, dan segitiga.)
Cara kerja                 :
  • Putarlah bangun datar dari papan peragaan, sehingga bangun datar tersebut dapat tepat menutup tempatnya.
  • Dari pemutaran tersebut dihitung banyaknya simetri putar bangun tersebut artinya dalam sekali putaran, berapa kali bangun itu dapat tepat menutup tempatnya.

TUGAS
Siswa diminta untuk mengisi tabel berikut ini.
NAMA BANGUN DATAR
BANYAK SIMETRI PUTAR
  1. Persegi panjang
  2. Bujur sangkar
  3. Jajaran-genjang
  4. Belah ketupat
  5. Segitiga


 











                  a                                             b                                     c







 




                                    d                                        e

























BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Alat peraga trigmaster dapat digunakan untuk menentukan nilai sinus dan kosinus suatu sudut. Alat peraga jurusan tiga angka dapat digunakan untuk mengukur jarak benda-benda yan tidak dapat didekati melalui gambar berskala volume kubus. Alat peraga pengubinan dapat digunakan  untuk menemukan pola-pola pengubinan dan meningkatkan kreatifitas serta daya tarik siswa terhadap keindahan pola serta dapat mengembangkan daya khayal dan daya tanggap siswa terhadap komposisi bangun-bangun geometri. Alat peraga simetri dapat digunakan untuk memahami simetri putar dan mencari banyaknya sumbu simetri putar dari bangun datar beraturan (persegipanjang, bujursangkar, jajaran-genjang ,belah ketupat, dan segitiga).

B.     Saran
Makalah yang kami susun tentunya masih banyak kekurangannya untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar nantinya menjadi yang sempurna.














No comments:

Post a Comment