NAMA ALAT PERAGA : - TRIGMASTER
- JURUSAN TIGA ANGKA
- PENGUBINAN
- SIMETRI
DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 7 2008
A
1. A.RIZAL PAMUNGKAS
2. DANIEL BUDIRIANTO
3. KAARJONO
PENDIDIKAN
MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PGRI RONGGOLAWE
TUBAN
2011
BAB I
PENDAHULUAN
Matematika adalah materi abstrak. Oleh
karenanya pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang memerlukan
pemahaman konsep yang jelas. Dari permasalahan tersebut, perlu diciptakan alat
peraga dalam suatu pembelajaran matematilka, yaitu agar siswa itu lebih jelas
dan mudah dalam memahami suatu konsep materi. Dengan alat peraga, kegiatan
belajar mengajar akan menjadi menyenangkan karena tidak monoton saja karena
pada umumnya cara belajar yang digunakan guru adalah dengan menjelaskan materi
pada siswa, guru sering mendominasi dalam pembelajaran sehingga menjadikan
siswa menjadi bosan dan jenuh akhirnya siswa kesulitan dalam memahami suatu
materi dalam matematika.
Oleh karena itu, maka
setiap ada materi yang memerlukan alat
peraga maka senantiasa guru memanfaatkan alat peraga tersebut agar siswa tidak
merasa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Selain itu, dengan alat
peraga, siswa dapat mengerti langsung tentang konsep dari suatu materi
pelajaran akhirnya siswa dapat benar-benar menguasai dalam setiap materi.
Dalam makalah ini kami menjelaskan
alat peraga seperti trigmaster, yaitu bertujuan untuk menentukan nilai sinus
dan kosinus suatu sudut. Sedangkan
alat peraga jurusan tiga angka
bertujuan untuk mengukur jarak benda-benda yan tidak dapta didekati melalui
gambar berskala volume kubus. Kemudian alat peraga pengubinan, yaitu bertujuan
untuk menemukan pola-pola pengubinan dan meningkatkan kreatifitas serta daya
tarik siswa terhadap keindahan pola serta dapat mengembangkan daya khayal dan
daya tanggap siswa terhadap komposisi bangun-bangun geometri. Dan yang terakhir
adalah alat peraga simetri, yaitu memahami simetri putar dan mencari
banyaknya sumbu simetri putar dari bangun datar beraturan (persegipanjang,
bujursangkar, jajaran-genjang ,belah ketupat, dan segitiga).
BAB
II
PEMBAHASAN
Nama Alat Peraga : TRIGMASTER
Fungsi/ Kegunaan : Untuk Menentukan Nilai Sinus Dan Kosinus
Suatu Sudut
|
|
|||||
Untuk menentukan
nilai sinus suatu sudut:
- Tariklah benang ke arah sudut yang dikehendaki. Kemudian ikat benang lipat pada titik sudut.
- Tariklah sisi benang ke arah sumbu x (arah tegak) hingga benang L dengan sumbu x. Besarnya nilai sinus dapat diperoleh dengan membaca angka yang ditunjukkan benang pada sumbu x.
Contoh: sin = 0,86 (lihat pada gambar).
Untuk menentukan nilai kosinus suatu sudut:
- Tariklah benang ke arah sudut yang dikehendaki. Kemudian ikat benang tepat pada titik sudut.
- Tariklah sisi benang ke arah sumbu y (arah horizontal) hingga benang dengan sumbu y. Besarnya nilai kosinus dapat diperoleh dengan membaca angka yang ditunjukkan benang pada sumbu y.
Contoh: cos = 0,5 (lihat pada gambar).
Nama Alat Peraga
: JURUSAN TIGA ANGKA
Fungsi/ Kegunaan :
untuk mengukur jarak benda-benda yan tidak dapta didekati melalui gambar
berskala
Alat-alat
Yang Digunakan:
-
Meteran gulung
-
Pipa pengintai
-
Jarum penunjuk
-
Piringan derajad
|
Pipa
pengintai
|
Petunjuk kerja:
Di
B, peraga menunjuk
Di C, peraga menunjuk
|
a. Andaikan
A dan B adalah tempat ditepi sungaiyang saling berhadapan. A dan B harus
ditandai dengan sesuatu yang tampak jelas, misal: pohon. Andaikan kita berada
di B. Letakkan di B sebuah paraga jurusan tiga angkadan pastikan dengan pipa
pengintai bahwa jurusan penunjuk tepat pada .
b. Kemudian peraga tersebut dipindahkan ketempat
lain (misalnya C) yang jauhnya kita tentukan sendiri (misal BC = 20 m) dengan
syarat ABC .
c. Dari C, lewat pipa pengintai, benda A diintai
lagi dengan memutar pipa pengintai untuk menyesuaikan. Dalam posisis ini
andaikan jarum penunjuk tepat diatas (boleh di sebelah kanan atau kiri titik , tergantung pemindahan peraga jurusan tia angka dari B ke
C).
Ini
berarti ACB = - =
|
Setelah anda
mengetahui bahwa: = tg ACB. Jadi BA =
BC tg .
Dengan tabel trigonometri dapat ditemukan tg = 1,600, yang berarti BA = 20 x 1,600 = 32.
Sehingga diperoleh lebar sungai (BA) = 32 m.
Catatan:
- Dalam masalah ini AC tidak usah dihitung karena tidak diperlukan.
- Dalam masalah lainnya, mungkin perlu dihitung untuk menjembatani penyelesaian masalah selanjutnya.
Nama Alat Peraga : PENGUBINAN
Fungsi/ Kegunaan : untuk menemukan
pola-pola pengubinan dan meningkatkan kreatifitas serta daya tarik siswa terhadap
keindahan pola serta dapat mengembangkan daya khayal dan daya tanggap siswa terhadap
komposisi bangun-bangun geometri.
Petunjuk Kerja:
- Guru menunjukkan beberapa model ubin misal seperti bentuk dibawah ini.
|
- Dengan mengambil model ubin, uru mendemonstrasikan pengubinan yaitu dengan menunjuk seluruh permukaan atau luasan dalam bingkai (bingkai dapat dibuat dari triplek atau kertas) dengan satu macam model ubin.
- Guru menjelaskan arti dari pengubinan dengan menggunakan model-model ubin.
- Siswa diberi latihan
TUGAS
Disediakaan
beberapa model ubin, misal seperti dibawah ini.
A
B
C
D
E F
|
- Ambillah peraga model ubin a,b, dan c kemudian susunlah model-model ubin tersebut menjadi suatu pola pengubinan.
- Ambillah peraga model ubin d,c, dan f kemudian susunlah model-model ubin tersebut hingga membentuk suatu pola pengubinan.
- Gambar/salin dan warnailah hasil pengubinannya.
- Amati dan perhatikanlah, apakah model-model ubin tersebut dapat ditemukan pola-pola pengubinannya?
Nama
alat peraga : SIMETRI
Fungsi :Untuk memahami simetri putar dan mencari
banyaknya sumbu simetri putar dari bangun datar beraturan (persegipanjang,
bujursangkar, jajaran-genjang ,belah ketupat, dan segitiga.)
Cara kerja :
- Putarlah bangun datar dari papan peragaan, sehingga bangun datar tersebut dapat tepat menutup tempatnya.
- Dari pemutaran tersebut dihitung banyaknya simetri putar bangun tersebut artinya dalam sekali putaran, berapa kali bangun itu dapat tepat menutup tempatnya.
TUGAS
Siswa
diminta untuk mengisi tabel berikut ini.
NAMA
BANGUN DATAR
|
BANYAK
SIMETRI PUTAR
|
||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||
a
b
c
d e
|
|||||||||||||||||||||
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Alat peraga trigmaster dapat
digunakan untuk menentukan nilai sinus dan kosinus suatu sudut. Alat peraga jurusan tiga angka
dapat digunakan untuk mengukur jarak benda-benda yan tidak dapat didekati
melalui gambar berskala volume kubus. Alat peraga pengubinan dapat digunakan untuk menemukan pola-pola pengubinan dan
meningkatkan kreatifitas serta daya tarik siswa terhadap keindahan pola serta
dapat mengembangkan daya khayal dan daya tanggap siswa terhadap komposisi
bangun-bangun geometri. Alat peraga simetri dapat digunakan untuk memahami
simetri putar dan mencari banyaknya sumbu simetri putar dari bangun datar
beraturan (persegipanjang, bujursangkar, jajaran-genjang ,belah ketupat, dan
segitiga).
B. Saran
Makalah yang kami susun tentunya masih banyak
kekurangannya untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar
nantinya menjadi yang sempurna.
No comments:
Post a Comment